Cara Menulis Rilis Berita yang Persuasif

Cara Menulis Rilis Berita yang Persuasif

 

Suara Anda adalah salah satu alat paling ampuh yang Anda miliki dan menggunakan media adalah cara yang bagus untuk membuat suara Anda didengar. Generator publisitas gratis yang paling menguntungkan dan sering diabaikan adalah rilis berita. Rilis berita adalah ringkasan tertulis singkat yang mengingatkan media lokal tentang berita dan aktivitas bisnis Anda. Rilis berita tidak hanya alat pemasaran yang hebat tetapi juga jauh lebih kredibel dan dapat dipercaya daripada iklan karena tampaknya berasal dari pihak ketiga yang objektif.

Jadi, apa yang membuat cerita bagus? Meskipun jawaban atas pertanyaan subjektif semacam itu mungkin sulit, berikut adalah beberapa petunjuk untuk memandu Anda dalam menulis rilis berita.

Jadilah Luar Biasa

Wartawan menyukai cerita yang terkait dengan peristiwa atau masalah terkini, atau yang memiliki daya tarik emosional. Sebuah rilis berita harus memberikan informasi https://soalterbaru.com yang cukup untuk membangkitkan minat tetapi hanya cukup untuk mendorong mereka agar ingin tahu lebih banyak. Dengan demikian, adalah logis bahwa ia harus memberikan informasi kontak yang baik jika mereka ingin menindaklanjuti. Anda akan takjub mengetahui berapa banyak rilis berita yang gagal menyebutkan hal-hal yang paling sederhana sekalipun, seperti nomor telepon atau nama kontak.

Lebih penting lagi, rilis berita Anda harus tanpa iklan yang jelas-jelas tidak jelas atau terang-terangan. Anda perlu menulisnya untuk dibaca seperti berita karena reporter berita akan menggunakannya. Lihatlah dari sudut pandang reporter. Dengan kata lain, tuliskan cerita untuk mereka.

Apa yang bisa dilakukan rilis berita? Mereka dapat mengumumkan perubahan penting perusahaan, rekrutan baru atau janji temu dalam organisasi, produk atau layanan yang baru atau akan segera diluncurkan, dan sebagainya. Ada lebih banyak cara rilis baru dapat digunakan, termasuk branding identitas atau mendahului publisitas negatif. Jika Anda tidak memiliki berita sulit, Anda dapat membuatnya. Misalnya, jika organisasi nasional mengumumkan fakta yang relevan dengan bisnis Anda, Anda dapat membuat cerita yang bagus dengan meminta tanggapan pakar lokal. Singkatnya, ini bisa menjadi sesuatu yang baru — oleh karena itu, kata “rilis berita” lebih disukai daripada “rilis pers”.

Jadi diri sendiri

Menjadi yang pertama dalam beberapa hal adalah alat yang efektif yang juga dapat membantu memicu lebih banyak minat pada rilis berita Anda. Jika Anda dapat mendukung fakta bahwa perusahaan Anda adalah yang pertama menyediakan produk atau layanan tertentu, bahwa produk atau layanan Anda adalah yang pertama dalam kategorinya, bahwa Anda yang pertama menyediakan produk atau layanan biasa dengan cara yang unik, atau bahwa acara Anda adalah yang pertama atau terbesar dalam kategorinya, Anda dapat dan harus menggunakan informasi tersebut dalam rilis berita Anda.

Sebuah perusahaan yang mengaku sebagai yang terbaik tentu bukan sebuah berita. Tetapi perusahaan yang mengklaim sebagai yang pertama dalam beberapa hal adalah. Manfaatkan kepemimpinan itu ketika mendekati media. Cobalah untuk menjual cerita Anda dengan cara yang berbeda, mungkin dengan sudut pandang baru atau twist. Menambahkan pengalaman unik Anda, bahkan memadukan cerita Anda dengan item atau masalah berita terkini, akan meningkatkan peluang Anda.

Misalnya, seseorang mengirimkan rilis berita di mana dia mengumumkan pembukaan perusahaan barunya. Kedengarannya seperti cerita sepele? Bukan jika orang itu menderita cacat. Dengan kata lain, bawa sudut unik Anda ke dalam rilis berita Anda. Berikan kesan manusiawi. Kuncinya adalah untuk menangkap minat reporter. Itu harus menarik baginya dan bukan hanya pasar.

Seperti banyak hal dalam hidup, waktu sangat penting saat mengirim rilis berita Anda. Tiga hingga lima hari sebelumnya biasanya merupakan waktu yang tepat untuk memastikan editor dapat memasukkan seseorang ke dalam cerita Anda. Mengirim rilis terlalu dini sama buruknya dengan mengirimkannya terlambat – itu akan dikesampingkan dan dilupakan. Tenggat waktu bervariasi tergantung pada jenis media, jadi pastikan dan periksa terlebih dahulu.